Bahaya Melakukan DIET


diet sehatKetika seseorang menjalani diet, mereka akan membatasi apa yang mereka makan dan minum dengan tujuan agar menjadi lebih sehat atau menurunkan berat badan.

Praktek diet yang sehat dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dari orang yang melakukan diet, serta mencegah komplikasi seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun, jika proses diet tidak dilakukan dengan benar, individu dapat menjadi korban beberapa efek negatif dari diet, seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Efek negatif dari diet dapat menghambat kemampuan tubuh untuk mengatasi perubahan yang disebabkan oleh diet dan mengadaptasi perilaku baru.

Untuk memahami beberapa dampak negatif dari diet seperti yang disadur dari lifeguide, Anda harus memahami beberapa variabel yang ditemui dalam tubuh yang membuat perbedaan dalam kegagalan atau kesuksesan diet Anda.

Kalori
Kalori dibutuhkan untuk memberikan energi dan membantu dalam pemeliharaan fungsi tubuh yang tepat. Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori saat diet, Anda bukan hanya akan meningkatkan kandungan lemak tubuh Anda, tetapi Anda akan melihat perbedaan pada skala tubuh Anda. Makan tidak cukup kalori menyebabkan tubuh Anda menyusut. Ini tentu tidak baik.

Karbohidrat
Efek negatif dari diet berkaitan tentang konsumsi karbohidrat dapat dilihat ketika individu tidak tahu bagaimana membedakan antara apa yang dianggap sebagai “karbohidrat baik,” sebagai lawan dari “karbohidrat buruk.”
Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi tubuh manusia. “Karbohidrat buruk” yang ditemukan dalam makanan terdapat dalam gula, seperti minuman ringan dan permen.
Untuk menghindari efek negatif dari diet, Anda harus memilih karbohidrat yang banyak tersedia di seluruh beras, sereal gandum, dan jagung.

Serat
Efek negatif dari diet terjadi jika pelaku diet tidak mendapatkan cukup serat ke dalam sistem mereka. Serat dapat ditemukan dalam produk biji-bijian dan kacang-kacangan.
Serat secara positif mempengaruhi kesehatan dalam berdiet karena dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat larut mengatasi sembelit dan wasir.

Protein
Jika individu tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah cukup, maka mereka akan mengalami efek negatif dari diet.

Hal ini menunjukkan bahwa 10% sampai 20% dari kalori yang dikonsumsi setiap hari harus mengandung protein. Protein berguna untuk membuat sel darah merah, serta mengatur enzim dan hormon. Protein dapat ditemukan pada daging, susu, keju dan telur.

Ketika orang mulai diet, salah satu tujuan utama yang berusaha mereka capai adalah menurunkan berat badan untuk meningkatkan atau memperbaiki penampilan mereka.

Berat badan yang tidak sehat dan berbahaya
Salah satu dampak negatif dari diet terjadi ketika individu pergi ke ke negara lain dan usaha mereka untuk menurunkan berat badan secara drastis menjadi tidak sehat dan berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang mengancam kehidupan, seperti bulimia nervosa, anoreksia, sama bahayanya dengan makan yang berlebihan.

Bulimia adalah efek negatif dari diet karena diet berubah menjadi siklus pesta makan dan membersihkan yang tidak baik bagi tubuh. Individu akan sering muntah, mencret, dan menderita diuretik untuk bisa mencapai gaya / penampilan tertentu. Orang yang menderita ini seringkali menderita depresi.

Anoreksia adalah ketika seorang pelaku diet berjuang dengan rasa takut intens dan akhirnya menjadi kelebihan berat badan.

Salah satu efek negatif dari diet dengan cara ini adalah bahwa orang-orang ini berusaha untuk menjaga berat badan agar tetap kurus. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah yang menyerang tubuh karena gaya diet ini.

Sudah tepatkah cara Diet Anda?

source : http://www.areadewasa.com/article/health/bahaya-melakukan-diet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s