Mengetahui Tujuan Anda Berkarir


Apa tujuan karir Anda? Ini mungkin menjadi pertanyaan yang paling penting dan hanya sedikit orang yang benar-benar dapat menjawabnya. Sungguh menakjubkan dan sedikit paradoks bahwa orang-orang karir, sebagian besar dari kita menghabiskan begitu banyak waktu dengan perencanaan karir dan bekerja menuju tujuan yang kita tidak bisa tentukan.

Pada tahap awal karier, segala sesuatu tidak selalu tampak seperti masalah besar, bahkan mereka cukup mudah. Kebanyakan orang menghargai memiliki pekerjaan, dan ketika pekerjaan itu baru, hampir setiap tugas itu menantang. Banyak dari kita yang dipromosikan satu atau beberapa kali. Tapi apakah kita tahu tujuan akhir kita?

Ketika kita beranjak tua dan matang, promosi menjadi kurang sering, hubungan dan politik berarti lebih penting sedangkan kedua tekanan dan harapan meningkat baik di kantor maupun di rumah dan kebijaksanaan dalam mengambil alih. Karir Anda atau tujuan pekerjaan cenderung berubah lebih dari satu kali dalam hidup. Saat Anda tumbuh, berkembang dan belajar lebih banyak tentang diri Anda dan pekerjaan Anda, Anda mungkin berubah pikiran.

Jadi bagaimana Anda menemukan karir yang nyata atau tujuan professional Anda?

1. Mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan
Anda memerlukan pengetahuan tentang diri Anda serta informasi mengenai pilihan karir yang sesuai dengan keahlian, nilai-nilai dan kepentingan Anda.

2. Klarifikasi kesukaan
Anda harus mengeksplorasi pekerjaan dan kepentingan Anda. Cobalah untuk mengingat kursus atau pelatihan apa yang benar-benar Anda nikmati dan yang Anda pertimbangkan untuk dikejar dalam karir Anda.

3. Nilai
Anda harus mengetahui nilai-nilai Anda yang penting bagi Anda dalam hal pekerjaan dan kepuasan karir.

4. Tentukan Keterampilan Anda
Anda harus mendaftar keterampilan yang Anda miliki saat ini serta ketrampilan yang tidak Anda miliki dan ingin dikembangkan. Keterampilan dapat berasal dari pendidikan, pengalaman kerja dan juga dari pengalaman dari kehidupan Anda secara umum.

5. Jelajahi pilihan karir
Jangan membatasi diri untuk satu tapi lihatlah berbagai bidang karir. Cari tahu apa yang diperlukan di masing-masing bidang.

6. Tetapkan Tujuan Awal
Ringkaskan hasil penilaian diri Anda dalam daftar prioritas atau pernyataan untuk melayani sebagai referensi ketika Anda mulai mengidentifikasi dan meneliti pekerjaan.

Jika Anda melakukan penelitian yang baik dan menyeluruh, Anda akan dapat mengungkap karir Anda atau tujuan pekerjaan secara nyata, apa yang seharusnya dan bisa Anda lakukan dalam hidup Anda.

spurce : http://www.areadewasa.com/article/work-business/mengetahui-tujuan-anda-berkarir

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s