8 Langkah Pencegahan Kanker Payudara


Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengidap kanker payudara. Seiring bertambahnya usia, resiko ini pun semakin meningkat. Namun, banyak cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan ini. Mammografi misalnya, deteksi ini dapat dilakukan pada usia 20-an, atau setiap satu atau dua tahun sekali untuk wanita berusia 40 tahun. Selain mammografi, berikut cara yang dapat dilakukan untuk menekan resiko kanker payudara seperti dikutip Sugar Fit.

– Berat badan normal

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Ini karena sel-sel lemak yang memproduksi estrogen juga dapat memicu kanker. Untuk itu, Anda wajib juga menjaga berat badan ideal ini.

– Periksa riwayat kesehatan keluarga

Berapa banyak orang di keluarga Anda yang menderita kanker payudara? Memiliki keluarga dekat yang mengidap kanker payudara, sama artinya resiko kanker pun meningkat. Beberapa faktor risiko kanker payudara bersifat genetik.

– Kenali payudara Anda

Lakukan pemerikasaan rutin di rumah. Anda harus mengenali kondisi payudara Anda untuk selalu waspada, jika terjadi perubahan pada payudara.

– Batasi alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebih juga berkaitan dengan risiko kanker payudara. Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut, atau setidaknya mengurangi konsumsinya.

– Olahraga

Olahraga tidak hanya dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal yang sehat, tapi juga untuk menurunkan risiko kanker payudara. The American Cancer Society menyarankan agar Anda meluangkan waktu untu melakukan olahraga, 45 hingga 60 menit dalam satu hari.

– Ketahui mengenai birth control

Memakai kontrasepsi oral adalah salah satu faktor peningkatan risiko kanker payudara, namun risikonya akan menurun ke tingkat normal, saat Anda menghentikan penggunaannya. Ada baiknya ada mempertimbangkan pro dan kontra mengenai birth control dan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Saat Anda mengkonsultasikan diri ke dokter, berikan data lengkap tentang gaya hidup Anda. apakah itu kebiasaan makan manis, ataupun minuman beralkohol.

– Cari informasi

Informasi mengenai risiko-risiko kanker payudara akan sangat bermanfaat bagi Anda. Perbanyak membaca mengenai kanker ini. Selain itu ketahui juga hal-hal yang terkesan remeh, seperti usia mengalami menstruasi pertama yang normal, melahirkan anak setelah usia 35 tahun, atau tidak pernah menyusui. Beberapa hal kecil ini juga berkaitan dengan kanker payudara.

source : http://life.viva.co.id

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s