Konsumsi Apel, Cara Mudah Turunkan Kolesterol


Jika studi sebelumnya telah mengungkapkan manfaat apel untuk peningkatan kesehatan jantung, penelitian terbaru menemukan manfaat apel untuk menurunkan kadar kolesterol. Bahkan buah ini dapat bekerja hanya dalam waktu satu bulan.

Menurut studi ini, konsumsi apel setiap hari dapat menurunkan kolesterol buruk atau LDL dalam darah, hingga 40 persen. Lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan yang mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang ditemukan dalam apel.

Kolesterol jahat sendiri dapat memicu peradangan dan kerusakan jaringan saat berinteraksi dengan radikal bebas. Di sini apel sebagai penghasil antioksidan bisa melawannya.

“Kami mempunyai data mengenai efek LDL yang teroksidasi hanya dengan satu buah apel sehari, selama empat minggu,” papar pemimpin riset Profesor Robert DiSilvestro, dari Ohio State University, seperti dikutip Daily Mail.

Menurut DiSilvestro, apel secara signifikan lebih efektif dalam menurunkan LDL yang teroksidasi, dibandingkan dengan antioksidan lainnya seperti teh hijau dan tomat.

Dalam penelitian ini, mereka mempelajari pola kesehatan para perokok aktif berusia 40 hingga 60 tahun, selama empat minggu. 16 peserta diberikan apel merah, 17 peserta lain diberikan suplemen polifenol, dan 18 lainnya diberikan placebo yang tidak mengandung polifenol.

Para peneliti sama sekali tidak menemukan efek placebo terhadap penurunan kadar LDL. Sedangakan efek yang diberikan oleh suplemen polifenol pun tidak bekerja sekuat apel segar. Selain memberikan manfaat pada penurunan LDL, peneliti juga menemukan antioksidan pada air liur yang memberikan implikasi pada kesehatan gigi.

source : http://life.viva.co.id

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s