Pentingnya Berjemur Bagi Wanita Berjilbab


Kerudung atau jilbab berfungsi jadi penutup aurat bagi kaum muslimah. Di balik penggunaannya, ada salah satu hal tak banyak diketahui oleh para muslimah. Ternyata, baju lengan panjang dan tertutup membuat penyerapan vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang, berkurang.

“Wanita berjilbab dan mereka yang gemar menggunakan pakaian lengan panjang, umumnya sedikit mendapatkan paparan sinar matahari,” kata dokter ahli gizi klinis, Dr Fiastuti saat ditemui di Hotel Mulia, Jakarta.

Pada dasarnya, vitamin D ada dua jenis. Pertama vitamin D yang dapat diperoleh dari makanan, dan vitamin D yang perlu diaktifkan. Pada tubuh manusia terdapat vitamin D yang perlu diaktifkan dengan bantuan sinar matahari. Vitamin ini tentunya berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk mencegah penyakit osteoporosis.

Vitamin yang letaknya berada di bawah permukaan kulit ini, jadi kurang aktif pada mereka yang memakai pakaian lengan panjang. Dengan kata lain, kalsium yang berada dalam tubuh akan terhambat penyerapannya karena vitamin D tidak diaktifkan.

Menurut Fiastuti, sebaiknya wanita yang menggunakan kerudung atau memakai pakaian lengan panjang, berjemur secara teratur. Hal ini sebenarnya baik dilakukan untuk para dewasa, bukan hanya bayi atau balita saja. Orang dewasa pun masih membutuhkan bantuan sinar matahari untuk membantu penyerapan kalsium.

Minimal, buka jendela kamar, agar cahaya matahari dapat masuk ke ruangan, kemudian berdirilah di dekat jendela. Waktu paling tepat untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk kulit adalah sekitar pukul 10.00 dan setelah jam 15.00.

source : http://life.viva.co.id

 

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s