6 Cara Aman Memilih Sepatu


Ketika akan berbelanja sepatu wanita, mungkin sebagian besar dari Anda sudah memiliki pertimbangan tersendiri, baik dari segi fungsional maupun emosional. Ketika Anda lebih mementingkan model sepatu daripada fungsinya untuk kaki Anda, maka Anda adalah tipe yg lebih emosional. Anda lebih mementingkan fungsi ketimbang model sepatunya, maka Anda adalah orang yg cenderung fungsional.
 
Berikut adalah 4 tips dasar untuk memulainya:
1. Cobalah sepatu baru pada pada siang hari, karena kaki cenderung membesar saat siang
2. Cobalah sepatu baru sambil mengenakan kaus kaki, stocking, atau tights yg serupa dgn yg akan Anda kenakan bersama sepatu Anda nantinya
3. Bahkan sepatu baru harus langsung terasa nyaman ketika pertama kali dicoba. Jika sepatu yg baru Anda coba tdk terasa nyaman, sepatu itu bukanlah untuk Anda
4. Lebar dan panjang sepatu yg benar terdapat pada setiap inci/sentimeter sepatu
Apa yg harus dicari
Sejauh ini Anda masih berada di jalur yg benar.
Tetapi ada beberapa hal mutlak yg harus diperhatikan saat Anda mencoba dan membeli sepatu baru:
1. Heels/hak sepatu
Bagian ini menopang sebagian besar berat tubuh Anda, dan untuk kenyamanan maksimal, hak sepatu harus besar dgn dasar yg mendukung tubuh Anda. Khususnya untuk para wanita, tinggi hak biasanya “didikte” oleh mode/fashion, bukan oleh kebutuhan sesungguhnya dari kaki. Tetapi untuk pemakaian sehari-hari, tinggi hak sepatu ideal seharusnya tdk lebih dari 4 sentimeter.
2. Heel counter
Merupakan bagian dalam sepatu yg menggenggam tumit kaki Anda di sisi-sisi samping dan belakang, dan mencegah tumit Anda melorot naik dan turun ketika Anda berjalan. Bagian ini harus melengkapi bentuk tumit Anda sendiri. Bagian ini akan melembut, kehilangan bentuknya, dan mengikuti bentuk tumit Anda setelah beberapa lama Anda gunakan.
3. Sol sepatu
Bagian bawah sepatu seharusnya datar, kecuali lekuk halus yg naik ke arah jari-jari kaki dan terbuat dari materi yg fleksibel dan tahan lama
4. Uppers/Bagian atas sepatu
Yaitu bagian utama sepatu yg menutupi bagian atas kaki Anda. Idealnya, bagian ini harus terbuat dari bahan kulit alami
5. Lining
Yaitu lapisan yg terdapat pada bagian dalam sepatu. Bagian ini harus lembut dan tanpa lipatan atau jahitan yg menonjol.
6. Pengencang/pengikat sepatu Bagian ini menahan sepatu pada kaki dan idealnya harus berupa tali-temali, tali pengikat (strap) dgn gesper atau bahan Velcro
Memilih ukuran: Bijaksanalah dalam memilih ukuran
Anda harus selalu memilih sepatu yg membuat kaki Anda dapat bergerak secara normal dan tanpa batasan. Pastikan ada cukup ruangan untuk jemari kaki Anda bergeliat; ada cukup kedalaman, sehingga bagian atas sepatu tdk menggesek bagian atas jemari kaki Anda; dan ketika Anda berjalan beberapa langkah jemari Anda tdk terjepit atau tergesek.
Idealnya, bagian depan sepatu harus mengikuti bentuk alami jemari kaki Anda dan tdk terlalu runcing. Harus ada ruang sekitar 1 ¼ cm antara ujung jari kaki terpanjang Anda dgn ujung sepatu. Dgn begitu, kaki dapat terulur ketika berjalan dan membantu mencegah kerusakan pada jemari dan kuku kaki Anda.
Demi kenyamanan tambahan, bantalan empuk yg ringan akan menahan dampak hentakan kaki Anda ketika Anda berjalan di atas permukaan yg keras.
source : http://bajuimpormurah.blogspot.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s