Manfaat dan Cara Membuat Masker Tomat


Sebagian besar atau mungkin hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah pasti mengenal tomat. Tomat biasanya dikonsumsi masyarakat dalam bentuk saus, sambal, sebagai pelengkap makanan ataupun sebagai jus. Selain itu, tomat juga terbukti berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit terutama kulit apabila diaplikasikan dalam bentuk masker. Pada tulisan kali ini saya akan mengulas tentang manfaat serta cara membuat masker tomat.

Membahas mengenai manfaat masker tomat, hal ini tidak lepas dari kandungan senyawa yang ada dalam tomat. Tomat dikenal dengan kandungan lycopen, vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Dimana lycopen ini mampu sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini. Sedangkan kandungan vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata dan vitamin C juga dapat berperan sebagai antioksidan serta membantu mencerahkan kulit.

cara membuat masker tomat

Ilustrasi cara membuat masker tomat

Dalam kenyataannya, meskipun banyak orang yang tahu mengenai manfaat masker tomat, mereka enggan mengaplikasikannya karena dianggap kurang memberikan efek yang maksimal. Namun, perlu anda ketahui bahwa tomat merupakan salah satu bahan alami dimana manfaat dari tomat tidak biasa diperoleh secara instan dan yang paling penting adalah efek samping dari tomat yang relatif kecil atau mungkin tidak ada.

Secara umum manfaat tomat untuk kecantikan wajah antara lain dapat membantu menghilangkan komedo, mengatasi kullit berminyak, mengatasi jerawat, menjaga elastisitas kulit dan mengecilkan pori-pori kulit wajah anda. Nah, untuk mendapatkan itu semua, anda dapat membuat masker dari tomat. Berikut beberapa langkah cara membuat masker tomat :

1. Cuci tomat sampai bersih
2. Haluskan tomat dan ambil sari tomat dengan cara menyaringnya
3. Tambahkan satu sendok teh yogurt ke dalam sari tomat kemudian aduk hingga homogen
4. Bersihkan wajah anda kemudian oleskan masker tomat ke seluruh bagian wajah anda secara merata
5. Diamkan 15-20 menit, tunggu hingga kering
6. Bilas dengan air hangat hingga bersih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Dengan mengetahui apa manfaat serta bagaimana cara membuat masker tomat sendiri di rumah, anda bisa mempunyai lebih banyak pilihan dalam melakukan perawatan wajah secara alami di rumah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s