Tips Menghadapi Pria Lebay


Ah… siapa sih yang tidak sebal saat berhadapan dengan pria yang lebay. Ada sedikit kesalahpahaman, ia akan ngambek berhari-hari. Berkencan di sebuah cafe dan pramusaji salah membawa order, ia akan marah dan mengancam akan menuntut cafe tersebut. Atau ia memencet klakson entah berapa kali hanya karena mobil di depan menunggu lampu merah berganti lampu hijau. Oh gosh… bagaimana sih cara menghadapi pria seperti itu?

Untuk menghadapi pria lebay, Anda perlu tahu terlebih dahulu kemungkinan penyebab yang membuat mereka bersikap demikian.

Sifat bawaan

Psikiater dan psikoterapi Anjali Chhabria, seperti dikutip dari IndiaTimes mengatakan bahwa sifat lebay bisa jadi adalah sifat bawaan sejak lahir. Perlahan lingkungan tempat tinggal dan ia dibesarkan juga membuat sifat tersebut semakin menjadi-jadi.

Problem keluarga

Penyebab lainnya adalah problem keluarga. Saat ia dibesarkan oleh keluarga yang memiliki kebiasaan ‘lebay’ dalam bersikap, maka ia akan memakai cara yang sama saat berhadapan dengan masalah.

Bisa jadi juga, sikap lebaynya ditunjukkan demi mendapat perhatian lebih dari keluarga. Banyak lho mereka yang hidup berkecukupan secara materi namun tak mendapat cukup perhatian dari keluarganya.

Ingin diperhatikan

Masih berangkat dari akar yang sama, tak cukup mendapatkan kasih sayang dan perhatian, hal tersebut kemudian terseret pada kebiasaan dalam bersosialisasi di luar. Alhasil, demi mendapatkan perhatian dari orang lain ia akan bersikap lebay. Terkadang ia juga tak sadar apa yang dilakukan salah atau benar, yang ia pedulikan adalah saat ia mendapatkan perhatian.

Merasa insecure

Mereka yang merasa insecure terhadap hubungan cenderung bersikap lebay. Hal ini ditengarai disebabkan oleh kegagalan atau trauma dalam hal asmara, sehingga saat ia terlibat dalam sebuah hubungan ia akan berusaha sedemikian rupa agar hubungan tersebut tidak gagal.

Nah, sekarang bagaimanakah cara menghadapi pria lebay?

Dilihat dari penyebab-penyebab yang telah disebutkan di atas, terutama sikap lebay disebabkan karena hausnya perhatian. Untuk itu, saat berhadapan dengan pria lebay yang harus Anda lakukan adalah:

  • Memberinya cukup perhatian
  • Memperlakukannya secara dewasa dan tidak menunjukkan perlawanan yang terang-terangan
  • Memberi waktu untuk melampiaskan emosi, kemudian memberikan masukan atas sikapnya
  • Bersikap damai dan tidak terpancing emosi

“Biarkan mereka berekspresi dan meluapkan emosi, jangan menolak mereka,” tutup Anjali Chhabria memberi saran.

[sumber] [JejakBocah]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s