5 Bahaya Makeup Yang Sedang Mengintai Anda


Makeup sudah merupakan alat perang yang wajib dimiliki oleh setiap wanita. Tak hanya untuk menutup apa yang kurang dan menonjolkan apa yang menjadi kelebihan Anda, makeup memang dapat memberikan kesan tersendiri yang membuat nilai jual seorang wanita itu meningkat. Jadi jangan heran, kalau di antara Anda yang greget sekali setiap melihat produk makeup terbaru dengan memberikan fungsi yang berbeda. Kalau saja bukan karena ‘nominal budget’, sudah tentu Anda ingin miliki semuanya.

Bahkan tak sedikit wanita yang menjadikan perlengkapan makeup ini sebagai barang wajib yang harus dibawa ke mana-mana, sehingga tersimpan rapi sudah mereka semua dalam makeup bag. Sayangnya, saat mata kita melihatnya dalam kondisi bersih dan aman untuk digunakan, mereka justru menjadi ancaman bahaya buat kesehatan. Seperti bakteri yang berkembang karena alat-alatnya kotor. Belum lagi kalau ternyata ada kandungan kimia berbahaya, banyak yang harus diwaspadai dari produk yang dekat dengan kita ini.

1. Kebersihan kuas
Setidaknya kuas (baik eyeshadow, kuas bedak, dan lain sebagainya) harus diganti atau dicuci sebulan sekali, demikian menurut pendapat Joel Schlessinger, MD, seorang ahli dermatologi seperti dikutip dari shape.com. Kuas kecantikan merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tumbuh subur di sana. Kalau tidak dibersihkan atau diganti secara berkala, maka ia akan dapat menularkan bakteri ke kulit dan menyebabkan problem kulit.

2. Alergi wewangian
Periksa kembali produk kosmetik Anda, kalau selama ini Anda sering mengalami iritasi, mungkin disebabkan karena kandungan wewangian dalam produk.

3. Bahan berbahaya
Apakah produk kosmetika Anda mengandung bahan berbahaya? Cek kembali setiap kandungan kimianya, jauhkan dari bahan-bahan yang mengandung merkuri, hidrokinon dan lain sebagainya.

4. Periksa tanggal kadaluarsanya
Yang sering terlewat oleh kita adalah tanggal kadaluarsa. Terkadang kita jarang menggunakannya dan memilih menyimpannya. Alhasil kita jadi lupa berapa lama produk tersebut bisa digunakan. Kalau ternyata ia sudah expired alias kadaluarsa, ia bisa menyebabkan alergi atau problem pada kulit.

5. Perhatikan kemasannya
Karena kemasan adalah salah satu hal yang terpenting untuk menjaga kualitas produk, maka ia harus diperhitungkan baik-baik. Perhatikan cara menutup dan menyimpannya. Umumnya kesalahan pemeliharaan seperti ini yang mengundang bakteri berkembang.

One thought on “5 Bahaya Makeup Yang Sedang Mengintai Anda

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s