Yuk, Langsingkan Tubuh dengan Pola Diet Ramadhan Ini!


Banyak selebriti dan personal trainer yang menghindari asupan karbohidrat pada malam hari, karena percaya bahwa bobot tubuh mereka akan meningkat lebih cepat sesudahnya.

Namun, kini ada pola diet yang terinspirasi dari aktivitas berpuasa di bulan Ramadhan, yang menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat di malam hari. Pola diet ini pun disebut sebagai “The Ramadhan Diet”.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengonsumsi semangkuk pasta di malam hari dapat mengurangi risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung. Tim ilmuwan dariHebrew University ini melakukan penelitian pada pola makan umat Muslim di bulan Ramadhan.

Karbohidrat komplek seperti nasi putih, roti putih, dan pasta merupakan sumber energi yang tebaik. Mereka menemukan bahwa mengonsumsi jenis makanan ini akan memberikan sensasi kenyang.

Kepala ilmuwan dari Ministry of Education, Israel, Prof. Zecharia Madar, mengatakan bahwa pola makan yang diinspirasi umat Muslim pada bulan Ramadan ini menunjukan sekresi kurva leptin yang mengalami perubahan.

“Pola makan ini menurunkan rasa lapar, sehingga baik untuk orang yang sedang menjaga bobot tubuh,” ujar Prof. Zechari seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Prof. Zecghari melibatkan sebanyak 78 petugas polisi yang ditugaskan untuk melakukan The Ramadhan Diet (konsumsi karbohidrat saat makan malam) atau program penurunan berat badan (konsumsi karbohidrat sepanjang hari).

Setelah 6 bulan, peneliti memeriksa efek diet eksperimental ini pada tiga sekresi hormon: leptin (hormon rasa kenyang), ghrelin (hormon rasa lapar), dan adiponektin (hormon yang berhubungan antara obesitas, resistensi insulin dan sindrom metabolik).

Para peneliti menemukan bahwa diet eksperimental ini menyebabkan perubahan positif dalam profil hormon-hormon tersebut dari para partisipan.

Diet ini menyebabkan tingkat rasa lapar yang lebih rendah, serta berat badan, lingkar perut dan hasil lemak tubuh yang lebih baik. Para partisipan diet eksperimental ini juga mencatat peningkatan pada gula darah, lemak darah dan menurunkan tingkat inflamasi.

Temuan ini menunjukkan adanya keuntungan dalam berkonsentrasi asupan karbohidrat di malam hari, terutama untuk orang yang beresiko terkena diabetes atau penyakit kardiovaskular akibat obesitas.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Obesity and Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases. (jay)

source : http://duniafitnes.com

2 thoughts on “Yuk, Langsingkan Tubuh dengan Pola Diet Ramadhan Ini!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s